Welcome to My Blog 

Jumat, 12 Oktober 2012

Mengolah Umpan Hidup untuk Galatama Lele

Ide membuat tulisan ini berawal dari seringnya pemancing yang menanyakan mengenai campuran atau bagaimana cara mengolah umpan hidup di Group Facebook  PEGAL LINU – Pemancing Galatama Lele Lintas Nusantara.

Tak jarang untuk satu jenis umpan yang sama ditanyakan berulang kali oleh pemancing yang berbeda sehingga membuat om admin sahabat karib saya master Gantibentar Dumopioa alias Idban Gondrong sedikit meradang. Resep Kumpulan Olahan Umpan Hidup untuk Galatama Lele ini saya saring dari berbagai macam sumber termasuk rekan di group dan khususnya dari rekan di empang yang secara langsung saya saksikan keampuhannya.

Kumpulan umpan olahan ini akan saya perbaharui terus dan harapannya ada masukan lagi dari rekan-rekan pembaca yang tentunya harus diberikan catatan prestasi dari penggunaan umpan dimaksud.

A. CACING

Cacing Lur, Cacing Tanah, Cacing Sutera dan Cacing Laut adalah umpan yang paling populer di dunia Galatama Lele dan biasanya ditambahkan attractant:
1. Telor bebek .
2. Minuman suplemen seperti kuku bima, xtra joss, adem sari dll.
3. Madu atau madu rasa.

Sebelum diberikan attractant cacing sebelumnya dibersihkan dari tanah dan khusus untuk penambahan minuman suplemen ditambahkan sedikit air dan ditaruh dalam wadah plastik.

Pemberian attractant adalah sesaat sebelum digunakan dan untuk mendapatkan hasil yang maksimal terkadang pemancing akan memberikan tambahan attractant lagi diparuh waktu lomba.

B. ULET HONGKONG ATAU JERMAN

Pakan burung ini juga cukup efektif digunakan untuk menggaet si kumis, adapun attractant yang sering digunakan adalah sebagai berikut:
1. Cuka + Telor Bebek + Royco Sapi diaduk jadi satu.
2.  Minuman berasa masam seperti Yoghurt atau Yakult dg rasa macam-macam.

Pemberian attractant hanya secukupnya kemudian diaduk merata minimal 3 jam sebelum digunakan.

C. ANAK IKAN MAS

Selain digunakan hidup atau dipencet, anak ikan mas bisa diolah dengan cara sebagai berikut:
1. Dioseng sebentar saja dengan minyak bekas.
2. Dibakar sebentar dengan korek gas atau media lainnya.
3. Dioseng kemudian diblender dan dikeraskan dengan pelet.

D. IKAN MAS

Selain di seset ikan mas bisa juga diolah dengan cara sebagai berikut:
1. Digoreng setengah matang dengan minyak bekas atau mentega.
2. Dikukus setengah matang atau dengan cara menyiramkannya dg air panas.


Ikan mas yang dikukus biasanya dilumuri dengan royco sapi dan wijsman atau dengan cara dilumuri dengan essen Tengiri plus Choya dengan perbandingan 1:2.

E. BELUT

Belut merupakan salah satu umpan populer yang diolah dengan cara berikut:
1. Dibakar setengah matang atau sampai minyaknya keluar.
2. Direbus/dikukus dengan menambahkan 1 atau 2 lembar daun sereh plus daun pandan.

3. Belut bakar plus:
  • 1 Belut besar(beli di Supermarket)
  • Potong dan taruh darahnya di wadah plastik
  • Campur darahnya dengan kuning telor bebek
  • Bakar belut sampai keluar minyaknya
  • Potong dadu dan sebelum dilempar rendam ke darahnya
Untuk belut rebus/kukus jangan dibuang darahnya, biarkan mati dengan kondisi tidak dipotong atau diolah dalam kondisi masih hidup. Upayakan untuk mendapatkan belut yang tengah bertelor, karena telor dari belut ini jauh lebih dahsyat dibandingkan dagingnya.

Penambahan attractant berupa darah belut yang dicampurkan dengan kuning telor bebek pada prinsipnya bisa diaplikasikan pada belut mentah atau yang direbus/kukus.

Umpan ini lebih efektif untuk ikan baru atau empang yang masih sering ditambahkan ikan baru.


F. TELOR LELE

Telor lele adalah salah satu umpan yang menjadi andalan para juara. Penggunaan telor lele sebagai umpan mancing biasanya dengan cara dipepes:
  • Campurkan telor lele dengan kuning telor bebek.
  • Olesi daun pisang(upayakan jangan yg muda atau terlalu tua) dengan mentega.
  • Bungkus telor ke daun pisang yang telah diolesi mentega.
  • Pepes telor setengah matang saja, jangan sampai keras.
  
Catatan untuk pembaca:
"Untuk resep umpan olahan yang lainnya akan saya tulis secara bertahap jadi pastikan para Galatama Lele mania untuk terus mampir ke blog ini....!!!!"


Jika mau MERUBAH masa depan Anda sambil terus menyalurkan HOBBY MANCING silahkan KLIK DISINI atau pada gambar berikut...!!!

 
Salam gentak

Reactions:

35 comments:

dedung mengatakan...

ribet ya

Admin mengatakan...

Hehehe... kalau mau sering ngamplop ya harus sedikit ribet kang Dedung. Tapi menurut saya masih ribetan ngolah umpannya ikan mas...

Dadi Jenglot mengatakan...

Saya kemaren nonton GT leli di Manohara, pengen coba2 sih buat selingan GT mas, kira2 umpan apa ya simpel dan gampang dibuat, terus leli suka, ya pertama2 untuk ngerasaian strikenya dulu deh...

Admin mengatakan...

Yang paling gampang paka aging sapi giling saja mas Dadi, pakai kosongan dulu bilamana strikenya kurang tambahin essen choya+tenggiri. Kalau gak punya essen coba tambahin sedikit Yakult atau Santan Kara.

Anonim mengatakan...

saya dah coba pake ini pake itu kalah terusssssss

Anonim mengatakan...

iye om sonny ... masih penasaran neh ama si lely ...
"jojon mabok "

Sonny Boedihardjo mengatakan...

Hehehehe... kalau ngamplop itu perkara rejeki Jon, yang penting dapat tarikan. Saya sendiri sehabis patah dan kembali terjun ke galatama lele sempat merasakan mutih selama 1 bulan lebih, tapi sekali ngamplop hampir setiap mancing ngamplop... Semoga gak keseringan mutih lagi hehehehe...

Sonny Boedihardjo mengatakan...

Nambahin dikit Jon,
Jangan keseringan ganti umpan pertahankan dulu 1 jenis umpan sambil dipelajari karakternya. Belum tentu umpannya salah, bisa jadi kita yg belum tahu cara maininnya.

Coba baca tulisan saya mengenai pingkis, saya mutih dan bahkan hasil pancingan juga kurang memuaskan selama 6 sesi waktu uji coba umpan ini... http://sonnyboedihardjo.blogspot.com/2012/12/sensasi-strike-dengan-pingkis-si-anak.html

awaludin iwan Iwan mengatakan...

klo ulat hongkong campuran cukanya
brapa banyak gan....?

awaludin iwan Iwan mengatakan...

semua umpan di atas dh di uji coba lom gan...?

sonnyboedihardjo mengatakan...

Semua umpan sudah beberapa kali saya uji cobakan. Hasil memuaskan tetap tergantung lapak dan selera ikan pada waktu kita main. Secara prinsip semua umpan bagus tapi bisa jadi jelek bilamana kita membawanya bukan pada saat yang tepat dikarenakan selera ikan lele memang cepat berubah.

Untuk penggunaan cuka secukupnya saja, yang penting uletnya kerendem dan bau masam cuka sudah tercium.

Beben mengatakan...

Mau ikutan gabung. Menurut saya umpan yg bgus adalah belut. Blut di kukus aja setngah mteng biar msh ada darahnya lalu di ptong dadu. Saya udh coba di beberapa t4 daerah saya dan hasilnya sangat memuaskan.

Admin mengatakan...

@Beben
Belut kukus adalah olahan yang paling umum digunakan dan susah untuk menang di empang galatama yang sudah jadi, sehingga kemudian muncul berbagai macam varian untuk membuat umpan belut menjadi lebih berbobot lagi, seperti dipepes dengan menambahkan kemangi, dikukus kemudian digoreng, dikukus+kuning telor bebek dan yang terbaru adalah dikukus+direndam ke darahnya yang dicampurin essen bulus atau essen amis lainnya.

Trims sudah berkunjung dan memberikan info yang bermanfaat.

arianto anto mengatakan...

gan numpang tanya,gimn caranya bikin pelet sutra,tlng sarannya gan.trims

arianto anto mengatakan...

gan,mau tanya klw hongkong yg pling pas essennya pakai apa,thank..

Admin mengatakan...

@arianto
Nama Umpan....: Pelet Sutera

Bahan-bahan.:
- 1 Genggam cacing sutera
- 1 Telor bebek
- 1/2 SDT Vanili
- 1/2 SDT Bubuk Garlic
- 1 pelet udang merk 48
- 1 Pelet Udang merk Jitu

Cara membuat :
- Campur Cacing sutera dengan Telor bebek, Vanili, dan Garlic
- Campur pelet udang merk 48 kemudian aduk sampai setengah keras.
- Tambahkan dengan Pelet Udang Jitu

Untuk ulat hongkong coba kasih cuka+yoghurt aja, kalau kurang makan coba tetesin choya..

DEN SINYO mengatakan...

Yang bener ne klomangan boy.barang bagus tuch.!!!!!SINYO.!!!!!

DEN SINYO mengatakan...

Klomangan barang bagus...........euuuyy...............

Admin mengatakan...

Kalau kelomang gak perlu diolah lagi bro

Anonim mengatakan...

Agan saya Amoy lam kenal ni kalau umpan pelet yang mantap untuk galatama apa sih soalnya saya mancing di mpang 126 pakai cacing laut kurang manjur nih KO terus saya tunggu jawabannya ya trims

Admin mengatakan...

Kalau untuk musim hujan sepreti sekarang pelet kurang stabil, coba pakai umpan hidup seperti pingkis, telor sapu-sapu atau kleper...

SD NEGERI KIARA mengatakan...

selalau MGG alias JONG

rival mengatakan...

kalau menurut saya , umpan yang lebih efektif itu adalah cacing sutra di campur kinoy dan ditambah esen daging atau sari laut

arianto anto mengatakan...

gan numpang tanya untuk galatama lele essen apa yg cocok untuk cacing.
mohon infonya.trims

Admin mengatakan...

@anto
Saya biasa menggunakan essen PROBAIT kang

kris biantoro mengatakan...

probait klo di surabaya belinya dmn bro?

Admin mengatakan...

Di Surabaya belum ada stokisnya essen probait kang... Biasanya dikirim via JNE, coba gabung di komunitas probait... https://www.facebook.com/groups/PROBAIT/

mahrup wahidin mengatakan...

banyak bener umpan lele jadi pusing.... kalau ane sih pake ampas gorengan chiken di aduk ma pepet disimpan 2 malam baru dipake... pasti pegel deh tuh tangan narikin ikan,,

Admin mengatakan...

Sudah banyak empang yg melarang ampas chicken mas bro, karena disinyalir buat ikan ngedrop...

baku setiyono mengatakan...

Ampas chicken tuh apaan yah bang Admin??
Maklum, pemula yg mau tau nihh...
Thanks

Admin mengatakan...

Ampas chicken adalah sisa tepung penggorengan daru "Fried Chicken". Banyak empang yang sudah melarang penggunaan umpan dasar ini dikarenakan terlalu banyaknya kandungan minyak yg sering membuat ikan drop.

melvino sukamto mengatakan...

Kalau mau umpan hidup coba cacing kosmetik atau lebih dikenal dg cacing bandung tp yg jenis tiger dijamin ga kecewa

fitrafith mengatakan...

mohon izin gabung gan.. nubie nich pengen share pengalaman, sy mancing dikolam harian alhamdulillah 3 hari berturut2 sejak make umpan ini bisa ngamplop prestasi maupun indukkan, ini resepnya:
jangkrik direndam cuka 1 jam campur kuning telor bebek yg mentah, kasih D13 campur air secukupnya.. siap dech umpan buat nyari amplop.. mancingnya mlm hari

cahyo nyok mengatakan...

maaf gan,, numpang ikutan and numpang tanya,,klo boleh tau D13 itu apa sih maklum pemula gan,,

Mas Bud Blog mengatakan...

D13 semacam attractan butiran sebesar petcin/mecin persis spt itu...kalau beli di toko pancing bilang aja "D13"

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hosted Desktop