Selasa, 06 November 2012

Tips dalam memilih dan merawat senar untuk Galatama Lele

Salah satu bagian dari alat pancing yang sangat vital adalah senar pancing. Agar tidak kecewa karena senar sering putus maka hal pertama yang perlu diketahui dalam memilih senar adalah kualitas dari bahan senar tersebut. Semakin bagus kualitas senar yang kita pakai, sudah pasti semakin mahal harganya, namun pastinya Anda tidak akan kecewa dengan kemampuannya. Kekuatan senar umumnya tidak hanya dihitung berdasarkan kemampuannya menahan beban saja melainkan juga diukur dari berbagai macam variabel seperti  kekuatan ikat senar (knot strength), perpanjangan senar pada saat ditarik (elongation), daya lentur (flexibility) dan ketahanan gesek (abrasion resistance).

Banyak pemancing yang baru terjun ke Galatama Lele dan masih terbiasa dengan kepercayaan yang telah lama dibangun disaat mancing ikan mas menjadi hilang kesempatannya untuk meraih juara dikarenakan salah menetapkan ukuran senar dan berakibat senarnya sering putus. Kekuatan ikan lele sebenarnya jauh melampaui kekuatan ikan mas, mungkin perbandingannya bisa dirumuskan bahwa kekuatan ikan lele yang berbobot 2kg adalah setara dengan ikan mas yang berbobot 5kg. Satu hal lagi yang harus Anda waspadai adalah kekuatan ikan lele yang sedang mengamuk bisa 5x s/d 10x lipat dari bobotnya sendiri.

Bilamana Anda terbiasa main di empang yang jarang ikan besarnya, mungkin penggunaan senar berdiameter kecil belum terasa pengaruhnya, sehingga tak heran sering ditemukan seorang pemancing memberikan saran untuk menggunakan senar dengan diameter kecil dan dengan kekuatan dibawah standard pula.  Pengaturan drag memang ikut berperan penting terhadap kemampuan dari senar, namun demikian yang Anda harus ingat bahwa dalam Galatama Lele Anda tidak mancing sendirian dan ini bukan sekedar penyaluran hobi semata melainkan sebuah lomba yang membuat Anda harus bisa dengan cepat menarik ikan kepinggir agar tidak mengganggu kompetitor yang berada disisi kiri dan kanan Anda. Terlalu lama memainkan ikan pastinya akan mengganggu tetangga kiri kanan dan bisa berakibat Anda akan menjadi orang yang paling tidak disukai di empang. 

Berdasarkan pengalaman dilapangan maka bagi rekan-rekan yang baru terjun ke dunia Galatama Lele maka tips sebagai berikut mungkin bisa digunakan:
  1. Pilihlah senar yang dilengkapi dengan label IGFA (International Game Fishing Association) Class.
  2. Jangan terlalu mengandalkan drag, pilihlah senar dengan diameter yang besar antara 0.30 s/d 0.35 yang diimbangi dengan kekuatan diatas 15kg. 
  3. Jangan hanya mengandalkan kekuatan senar, sering-seringlah untuk mengontrol Line Guide (bagian untuk mengontrol keluarnya kenur dari reel) dan Line Roller(tempat jalannya benang pada reel). Bilamana ditemukan bagian yang tajam segera diganti, karena tanpa kita sadari justru bagian inilah yang sering memutuskan senar. 
  4. Segera potong senar bilamana terjadi gesekan yang kuat dengan tiang blower(terutama yang menggunakan bambu) atau tali pembatas antar lapak (note: kebanyakan empang Galatama Lele tidak memakai tali pembatas tapi ada pula yang mengaplikasikannya)
  5. Gesekan dari alat serok ikan/seser juga akan membuat senar menjadi cepat rusak, jadi sering-seringlah mengontrol bagian ujung senar dan bilamana dipandang perlu melakukan pemotongan antara 1 s/d 2 meter dari ujung senar secara berkala.

Semoga tips yang sangat sederhana ini bisa bermanfaat. 


Jika mau MERUBAH masa depan Anda sambil terus menyalurkan HOBBY MANCING silahkan KLIK DISINI atau pada gambar berikut...!!!



6 komentar:

  1. waa...jaman dulu pernah nyoba nangkap lele tangan kosong di lapangan golf lagi di bangun...
    dan sukses nggak dapat..he..he..
    ternyata susah ya mancing lele

    BalasHapus
  2. Hehehe... kalau nangkap memang susah tapi kalau mancing gampang bu dokter.

    BalasHapus
  3. kalo pake senar PE gimana om ?

    BalasHapus
  4. Pemancingan Galatama lele gg.JAMBU (Kampak)mabad jadwal Siang jam sesi I 14.30 - 16.00 sesi II 16.00 - 17.30 tiket Rp.15,000
    Malam 20.00 - 22.00 tiket Rp.20,000 main 3 sesi.
    malam 3 sesi juara 1 bonus Rp.100,000,-
    Mau Strikee lele aja

    BalasHapus
  5. Oooopsss... Nyampe juga nih Bang Kampak dimari.
    Buka siang dong biar Grandong bisa sering nyambangi...!!!

    BalasHapus