Jumat, 05 Oktober 2012

Umpan dan Tehnik Mancing Lele para Jawara



INDAHNYA MANCING LELE

Hampir 3 bulan ini saya memperdalam cara mancing Lele, satu-satunya ikan yang selama puluhan tahun karir mancing hampir tidak pernah saya minati. Ketidak tertarikan saya terhadap macing ikan jenis ini dikarenakan umpannya yang cukup menjijikkan dan ditempat tinggal saya di Sidoarjo memang jarang sekali kolam pancing yang menyediakan ikan Lele. Bandeng, Nila, Gurame, Patin dan Ikan Mas adalah berbagai macam jenis ikan yang sering saya pancing.

Februari 2010 saya pindah ke Jakarta namun dikarenakan kesibukan kerja baru pada Oktober 2011 bisa mancing kembali. Kolam Pancing pertama yang saya jajal adalah Kolam Pancing Tulang yang terletak di Perumahan Pertamina Pondok Ranji. Selama sebulan saya memancing harian ikan Lele dan sesekali ikut Galatama/Pelampungan Ikan Mas di daerah Rempoa, namun demikian fokus mancing tetap di Ikan Lele.

Setiap kali mancing saya selalu mencoba berbagai macam jenis umpan yang informasinya saya dapatkan melalui Fishyforum/Fishybait, Kaskus, IFT, Facebook dan hasil googling lainnya. Entah berapa puluh macam umpan yang sudah saya uji cobakan di Kolam Harian dan pada akhirnya di awal bulan Nopember sayapun memberanikan diri untuk menjajal Kolam Galatama di Tulang, Peladen dan Kelapa Muda dengan hasil yang cukup menggembirakan sebagai pemula dikarenakan pernah menjuarai di seluruh Kolam Galatama tersebut baik juara 1, 2 maupun 3.

Ada hal yang paling berkesan dan boleh dikatakan yang paling indah selama saya mancing harian di Kolam Pancing Tulang. Dalam 1 hari dalam kurun waktu lebih kurang 3 Jam saya berhasil mengangkat 3 Jackpot, sungguh keberuntungan yang sangat luar biasa sekali tentunya dan mungkin rekor ini akan sulit dilampaui oleh pemancing lainnya (hehehe sombong dikit boleh kan….!!!).

Dari pengalaman saya dan berdasarkan pengamatan serta hasil berguru dengan para jawara mancing maka saya mencoba untuk berbagi tips dan trick dalam memancing Ikan Lele yang mungkin belum pernah diungkapkan secara gamblang oleh para Jawara Mancing.


PENGGUNAAN UMPAN DAN TEHNIK MANCING IKAN LELE

Dari pengalaman mancing lele selama hampir 3 bulan maka dapat saya simpulkan beberapa hal sebagai berikut yang insyaallah akan sangat membantu bagi para pemancing pemula:
  1. Semua Umpan dasar lele pada prinsipnya dimakan oleh ikan hanya saja tergantung dengan kondisi air yang terdapat di Lapak yang ditempati. Terkadang dalam 1 Kolam Pancing antara satu lapak dengan lapak lainnya PH air bisa berbeda dikarenakan tumpukan makanan dan sampah. Dalam kondisi seperti ini ikan cenderung makan umpan yang berada diatas dan untuk mengakalinya stopper pelampung harus dimainkan sampai ketemu ukuran yang mau disambar ikan. Ketika ukuran sudah pas jangan pernah dirubah lagi.
  2. Bilamana memakai Umpan jenis cacing upayakan menggunakan tehnik casting(lempar kemudian gulung perlahan), namun bilamana Anda lebih suka nitik upayakan umpan ada didasar kolam dan pilihlah Cacing Lur atau Cacing Laut sebagai umpannya. Jangan hanya memasang 1 ekor cacing, upayakan sebanyak mungkin sehingga terbentuk gumpalan cacing yang bergerak dinamis dan tentunya akan menarik perhatian si ikan.
  3. Bilamana umpan adalah Anak Ikan Mas atau umpan lainnya yang bergerak sebaiknya kail langsung diikatkan ke benang dan pelampung dimaksimalkan sehingga ukurannya melebihi dasar kolam. Dengan tiadanya beban selain kail maka umpan akan bergerak bebas didasar kolam dan tentunya akan menarik perhatian dari Mak Babon. Namun demikian bilamana Anda menggunakan anak katak sebagai umpannya maka berikan sedikit timah daun pada benang dengan jarak lebih kurang 30 cm dari kail dengan tujuan agar anak katak tidak bisa berenang kepermukaan air.
  4. Bilamana menggunakan umpan yang mudah rontok seperti pelet dan daging upayakan untuk nitik seperti tehnik memancing ikan mas. Untuk kolam yang tidak boleh menggunakan bom maka beberapa lemparan awal langsung ditarik agar umpan rontok dan ikan diharapkan kumpul dititik lemparan.
  5. Dalam kondisi air normal Ikan Induk cenderung bermain didasar kolam dan oleh karenanya bilamana target adalah induk maka umpan Anda sebaiknya berada didasar kolam.
  6. Jangan pernah menggunakan umpan yang beraroma busuk atau terlalu menyengat dikolam Galatama yang umurnya masih kurang dari 1 tahun, dikarenakan ikan baru lebih menyukai memakan umpan yang masih segar atau yang baunya tidak terlalu menyengat. Walau bukan tidak mungkin umpan beraroma menyengat dimakan oleh ikan akan tetapi Live Bait cenderung lebih unggul dikolam yang masih baru.
  7. Ikan Lele memiliki selera makan yang cepat berubah. Bawalah beberapa jenis umpan dan sesuaikan dengan umpan yang tengah jalan di kolam tempat Anda biasa mancing. Bilamana umpan andalan Anda tidak jalan segeralah ganti dengan umpan lainnya yang tengah jalan, atau bilamana Anda menggunakan pelet/daging bawalah beberapa essen untuk menyesuaikan dengan selera ikan pada saat itu.
  8. Cara makan ikan lele tidaklah sama dengan ikan mas, pelampung bergerak atau tenggelam belum tentu ikannya makan, bersabarlah sedikit sampai pelampung bergerak atau tenggelam 2 s/d 3 detik baru digentak. Bilamana Anda terlalu cepat menariknya maka Anda bisa dipastikan akan sering kehilangan momentum untuk mendapatkan ikan dan tentunya waktu Anda tersita hanya untuk memasang umpan dan melemparkan kail Anda kembali.
  9. Ikan Lele cenderung memakan dengan cara mengejar sehingga bilamana Anda menggunakan umpan mati(seperti pelet dan daging) upayakan sedikit berada diatas dasar kolam dengan tujuan supaya umpan bisa bergerak bebas(bergoyang-goyang) bilamana ada ikan yang mengitarinya.
  10. Dalam kondisi sulit maka stopper dan pelampung memainkan peranan yang sangat penting, jadi jangan pernah segan-segan untuk menyetelnya.
  11. Umpan dan tehnik merupakan upaya maksimal dan untuk selanjutnya nasib jualah yang menentukan keberhasilan Anda dalam meraih sukses.

BERBAGAI MACAM UMPAN TERBAIK IKAN LELE

Berikut adalah beberapa umpan yang menjadi andalan dari para jawara:
  1. Belut sebesar jari, bisa dibakar, dikukus atau digoreng kemudian dipotong sebesar dadu atau bisa juga dengan memakai dagingnya saja. Bila memakai dagingnya saja maka potongannya sepanjang 2cm.
  2. Berbagai macam cacing namun yang terbaik adalah cacing lur dan cacing laut. Pasang beberapa cacing sekaligus untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
  3. Daging Ayam bagian sayap dikukus kemudian setelah matang diambil dagingnya saja dan diblender sampai halus. Untuk pengerasnya gunakan pelet 48 denga aroma belut.
  4. Daging Sapi Giling. Sebaiknya beli di Supermarket karena aroma dagingnya lebih segar bilamana dibandingkan dengan yang beli dipasar. Daging murni bilamana tidak jalan bisa diberikan 2 atau 3 tetes essen untuk ukuran 1 onsnya dan essen yang digunakan adalah kepiting, tengiri atau kombinasi keduanya. Kombinasi Essen seperti bulus, udang dan lain-lain bisa juga digunakan tetapi selama uji coba hasilnya kurang memuaskan. Bisa ditambahkan sedikit cuka atau bisa juga dengan menggunakan minuman yang beraroma asem seperti yoghurt. Umpan ini relatif stabil dimakan ikan lele dan sebagai catatan umpan inilah yang sesungguhnya saya gunakan untuk menarik Jackpot 2 kali dalam 3 jam di pemancingan Tulang dan yang satu kalinya dengan menggunakan ikan salmon(note: dalam 3 jam saya menarik Jackpot 3 kali).
  5. Kepiting laut atau kepiting sawah. Potong kecil-kecil untuk bagian badan dan untuk capitnya ambil dagingnya saja.
  6. Kelomang, buang capit dan kaki gunakan bagian badannya saja.
  7. Kijing dan berbagai macam jenis kerang lainnya.
  8. Laron, upayakan yang masih ada sayapnya dan sindik beberapa ekor sekaligus.
  9. Telor Ikan sapu-sapu kukus.
  10. Jangkrik pasang 1 saja yang penting menutupi kail kemudian dipencet perutnya agar aromanya menebar.
  11. Cacing sutera atau cacing beku. Cara pakai yang paling praktis dan efektif adalah dengan membungkusnya memakai kain perban yang bisa diperoleh di Apotek. Bila menggunakan cacing beku pilihlah yang ada gambar ikan Louhan (note: merk lainnya belum mendapatkan hasil yang memuaskan) dan bilamana menggunakan Cacing Sutera berikan sedikit vanili untuk mengurangi bau apeknya. Untuk perangsang Anda juga bisa merendamnya dalam yoghurt.
  12. Udang Air Tawar yang kecil, buang kepala dan ekornya kemudian sindik bebera ekor di kail.
  13. Ulet hongkong atau jerman, rendam dengan 1 butir telur ayam dan tambahkan 1 sachet royco sapi minimal 3 jam sebelum Anda mancing (note: sudah dicoba beberapa kali dengan menggunakan masako tapi entah kenapa hasilnya tidak memuaskan). Bisa juga dengan menambahkan sedikit cuka untuk menambah selera makan sang ikan.
Umpan diatas adalah umpan yang sering digunakan oleh para jawara dan walau sesekali masih bereksperimen saya pribadi cenderung menggunakan Anak Ikan Mas Hidup, Daging Sapi Giling dan Cacing Sutera/Beku dikarenakan sudah memperoleh hasil yang memuaskan dan alasan lainnya adalah mudah untuk mendapatkannya.

Jika mau MERUBAH masa depan Anda sambil terus menyalurkan HOBBY MANCING silahkan KLIK DISINI atau pada gambar berikut...!!!



Salam Gentak...!!!

50 komentar:

  1. slm kenal ms sony, ulasannya menarik sekali untuk di ikuti semoga saja ini benar memberi manfaat bagi para penggemar GLT Lele. saya sendiri baru terjerumus di arena empang. meski baru bisa lempar joran tp udah lumayan nguras celengan. hehe
    semoga saja setelah membaca ini bisa nambah wawasan dan pengalaman dan besok bisa menjuarai arena Galatama Lele. salam

    BalasHapus
  2. OM SONY..... DENGAR KABAR KEMARIN KECELAKAAN, PANTES GA DATENG-DATENG KE KELAPA IJO.... DAVID SELALU HADIR OM.... PENGEN TANDING LAGI...

    BalasHapus
  3. Benar Vid, hampir 4 bulan berhenti mancing. Sekarang sudah mulai mancing lagi tapi baru di Dalih dan Rawapapan yang dekat dengan rumah, karena kaki belum sembuh seperti sedia kala. Salam buat Mbak Ida dan teman-teman di Kelapa Ijo, semoga bulan depan sudah bisa kesana dan mancing bareng lagi.

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah....
    Terima kasih atas Info Om Sony, semoga resep yang Om berikan ini akan saya coba dan memberikan hasil yang memuaskan. sebenarnya saya pemancing Kolam tipe Pemula dan baru berjalan sejak akhir desember 2012, dan umpan yang saya gunakan belum memberikan hasil yang memuaskan. Sebenarnya saya tipe pemancing di laut dan berhenti pada tahun 2000 dikarena sakit Malaria Tropica, alhamdulillah sudah lama sembuh dan kini memulai lagi memancing dengan sasaran Kolam. terima kasih Om Sony Wassalam.

    BalasHapus
  5. Saya juga masih terus belajar dan berksperimen kang Irwan... terkadang ya gak narik sama sekali heheheheh...

    BalasHapus
  6. mas daging sapi giling kq cepet buyar ya diair<<pke tambahan apa kalo begitu??

    BalasHapus
  7. wah memarik bhasan anda gan

    thnx dah share ya

    BalasHapus
  8. @ardian
    Daging sapi giling kekerasannya suah cukup jadi tidak perlu dikasih pengeras lagi... Kalau terlalu keras malah gak bisa ngebom...

    BalasHapus
  9. menarik juga nih, patut dicoba.
    terima kasih atas info nya.

    BalasHapus
  10. wahh keren,, infonya,, salam buat bang sony dan temen2

    BalasHapus
  11. om sonny tolong bagi resep untuk mancing lele kolam harian.
    ditmpat sy umpan yang mudah didapat cacing yg bisa dijual di tmpat penjual burung dan jangkrik.
    Bagaimana cara mengolah cacing dan jangkrik tersebut agar lele nyatap dengan rakus.
    sy biasa mancing hari minggu dari jam 10.00 s/d 14.00
    please om sonny......
    sy butuh pencerahan dari om sonny secepatnya.

    BalasHapus
  12. Tinggal dimana kang Engkeng...?
    Untuk mancing harian sebenarnya umpan sederhana sudah cukup gak perlu diolah lagi, hanya saja tehnik mancingnya yg harus ditingkatkan termasuk pemilihan spot.

    - Kail sebaiknya rig/rangkaian 3 atau 4
    - Untuk ikan baru biasanya sering ke lapak pinggir atau main setengah air
    - Setelah korang terisi ikan, sesekali coba main dekat korang

    Kalau mau umpan olahan saya biasanya pake:
    - anak ikan mas dioseng sebentar saja
    - Belut dikukus terus direndam sama kuning telor bebek.

    Selamat mencoba kang, dan jangan lupa untuk tanya rekan2 diempang

    BalasHapus
  13. mas sonny mengenai umpan ulat jerman sebelum d kasih telur ayam sama royco sapi ulat nya d biarkan hidup pa d rendam air panas

    BalasHapus
  14. Dibiarkan hidup dan dikasih sedikit cuka kang... Saat ini saya lebih suka menggunakan Cuka Grandong + Essen Probait buat ngerendem uletnya...

    BalasHapus
  15. essen probait yg jual dmn mas sonny dan harga perbotol brp mas

    BalasHapus
  16. @madalih raka
    Kan sudah dijawab di comment yg satunya... Coba dicek lagi....

    BalasHapus
  17. mau coba essen probait yang jual disurabaya ada nggak bang sony...

    BalasHapus
  18. ok siip informasinya cukup bermanfaat ...sebenarnya aku juga sudah coba lakukan semua....namun yang dicatat adalah masing masing kolam kondisinya tidak sama, cuaca juga menentukan..kadang ukuran mata kail juga berpengaruh bagi ikan lele terutama lele yang ternak ( bukan liar)...

    BalasHapus
  19. kalau saya suka mancing di empang cetek, cuauca panas pakai umpan sederhana
    nyambar, cacing lur, belut, laba2.

    BalasHapus
  20. Bahan dasar umpan lele untuk kolam dalam 1meter yang brusut pakai apa bos slain pelet berbahan dasar daging ,sama opolosan esen ane blom ketemu bos bahan dasarnya trimakasih Macao

    BalasHapus
  21. Pake anak ikan mas kok nihil ya
    Saya di surabaya
    Mohon penjelasannya

    BalasHapus
  22. Tolong penjelasan untuk umpan anak ikan mas
    Saya masih newbie
    Dan saya di surabaya

    BalasHapus
  23. sby ndi mas? kalau bakaran anak ikan mas...harus nitik...memang karakter umpan ini lambat...tapi neter

    BalasHapus
  24. kalau untuk harian saya pribadi malah seneng maik segrek an........ada sensasi sendiri....bisa dikatakan kecepatan respon sama pelampung/ikan

    BalasHapus
  25. diwilayah Jatim diman bisa beli EO/EG

    BalasHapus
  26. Untuk wilayah jatim bisa menghubungi:

    Thoif Tepes

    Jl. Makam Pahlawan Rt02/02 No. 123
    Medokan Kampung Rungkut Surabaya
    Jawa Timur
    Tlp : 085735081212


    Thoif Tepes
    Jl. Raya Purwoasri Gg. PLN Rt04/02 No. 35
    Kediri - Jawa Timur
    Tlp : 085735081212

    BalasHapus
  27. Ayam Suir + EO#03+06+EG#03 Brusut abis.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Brusut banget bang,angkat 8kg

      Hapus
    2. Kasih brapa tetes boss masing2 esen nya ke ayam suirnya....pakek brapa ons ayamnya

      Hapus
  28. Om Sony saya sdh pakai probait media jangkrik atau ulat jerman atau hongkong,hasil masih kurang makimal.tolong kasih tahu cara ngepasin ukuran probaitya.empangnya lumpurnya tebal warna air hijau tidak ada sirkulasi

    BalasHapus
  29. Salam knal pak sony ,Mau tanya pak sonny Kalo mancing lele , pakai umpan mati pemas,angan umpan di mata pancing , harus menutup smua bagian mata pancing/ di munculkan sedikit pak, makasih.

    BalasHapus
  30. Salam knal pak sony ,Mau tanya pak sonny Kalo mancing lele , pakai umpan mati pemas,angan umpan di mata pancing , harus menutup smua bagian mata pancing/ di munculkan sedikit pak, makasih.

    BalasHapus
  31. Salam knal pak sony ,Mau tanya pak sonny Kalo mancing lele , pakai umpan mati pemas,angan umpan di mata pancing , harus menutup smua bagian mata pancing/ di munculkan sedikit pak, makasih.

    BalasHapus
  32. Umpan jgn terlalu banyak ganti"...coba dlm beberapa hari dgn umpan ug sama..itu cara memperkenalkan umpan kita ke target.biasanya umpan baru/racikan essen blm lgsng diminati,tp stlh berkali" baru brusut

    BalasHapus
  33. Coba deh pelet 781 + kuning telor bebek + lemak kuda,gua angkat 7,45 kilo

    BalasHapus
  34. Salam kenal mas sony kalau pakai media kecoa batu ditambah apa ya biar gacor Terus,trims

    BalasHapus
  35. Salam gentak..bro admin saya mau tanya selama ini saya mancing pakai jeroan ikan mas..alhasil pernah masuk totalan plus babon..namun kesiniannya umpan saya ga main..kalah ma umpan sasak ikan mas..mhn pencerahannya agar umpan daleman ikan mas bisa jln lg..trims bang.

    BalasHapus
  36. Salam kenal bang admin..selama ini saya pakai umpan daleman ikan mas..alhamdulillah main sampai msk totalan plus babon..tp belakangan nih umpan saya ga main..kalah sama umpan lain. Bisa kasih solusinya bang untuk umpan daleman ikan mas..makasi bang.

    BalasHapus
  37. Sore tdi mancing lele di kali sawah pke umpan jangkrik d sambar betok + lele..mantap. menjelang maghrib hujan gerimis umpan kembali d sambar..tp sayang senarnya putus hehe

    BalasHapus
  38. pakai ati ayam mentah dan gausah di cuci

    - potong menyerupai panjang, yg penting tertutupi kail

    insyaallah neter
    terima kasih

    BalasHapus
  39. Salam gentak...selamat siang agan2 semuanya,adakah yg tau umpan lele yg medianya ceker ayam tidak..jika ada yg punya tips nya bolehkah saya minta tips nya?
    Terima kasih

    BalasHapus
  40. Salam gentak...selamat siang agan2 semuanya,adakah yg tau umpan lele yg medianya ceker ayam tidak..jika ada yg punya tips nya bolehkah saya minta tips nya?
    Terima kasih

    BalasHapus
  41. thanks infonya, dan jangan lupa kunjungi kami di https://goo.gl/EyzFs9

    BalasHapus
  42. makasih atas infonya sangat membantu, dan jangan lupa kunjungi web kami http://bit.ly/2QK3RQE

    BalasHapus
  43. Mau tanya umpan jangkrik cocoknya direndam pakai campuran apa

    BalasHapus
  44. Kalo pakek umpan suwir ayam bahan apa ja yg harus saya tambahin soalnya di tempat kolam yg saya mancing airnya keruh warna coklat mohon info...trimaksih udah saya cb bermacam2 tambahan untuk ayam suwir tp gak terlalu neter hanya beberapakali ngangkat ikan

    BalasHapus