Rabu, 29 Mei 2013

Barisan sakit hatipun akan terus bermunculan

Dalam beberapa bulan terakhir Group PEGAL LINU mulai dimasuki berbagai macam karakter yang memiliki kepentingan yang berbeda. Ada yang pada awal mulanya sekedar mencari informasi umpan hingga pada akhirnya ingin menjadi orang penting. Adapula yang hanya sekedar mau berjualan tanpa memperhatikan rambu-rambu yang telah ditetapkan. Sebagian lagi ada yang sering menghakimi orang dan hanya mau menang sendiri. Yang lebih heboh lagi orang-orang seperti mereka ini tidak pernah mau koreksi diri walaupun sudah diingatkan masalah pelanggaran yang telah dilakukan dan ketika pada akhirnya mereka dikeluarkan dari group mereka tinggal menyalahkan yang mengeluarkan dengan mencari-cari alasan untuk menjatuhkan orang yang mengeluarkannya. 

KILAS BALIK
Ambil contoh si “A”, dari awal bergabung sudah jelas niatnya untuk mengenalkan umpan lele yang dijualnya, hampir pada setiap posting maupun commentnya selalu dikaitkan dengan umpannya. Menurut saya commentnya sering membuat gerah yang membaca dan sayangnya yang bersangkutan tidak pernah mau tau ketika diingatkan. Berikut adalah comment si “A” yang pada akhirnya berujung dikeluarkan yang bersangkutan dari group:

Thread Teman:
Info tiket reguler.& paket di empang djuank bekasi..
Tiket 15k..main 2jam..lpk full + ikan balap 12ekor+2lapak gratis...+ sudah trmasuk ikan ++induk 2kg ada 5ekor mncg gratis & induk 3kg ada 4ekor dpt 50k..&4kg ada 4ekor..dpt 60k &induk 5kg ada 3ekor..dpt 70k.
Untuk hadiah juara 1&2 induk terberat juara 3&4 notal prestasi..ctt klo pket 25&35k sdh termasuk pkt C ++ Ikan yg trsbt d atas..di tambah ikan ++ 1).ikan bongkok 500k 2).ikan jenong 500k..++ tiket kupon parkir ada dorprise nya smggu 1kli di kocok..

Comment si “A”:
Murah meriah ya.......tiket mancing d bekasi......pantesan aja umpan ane G̲̮̲̅͡åк̲̮̲̅͡ laku disana karna dibilang "KEMAHALAN". Wkwkwkkkk....ngekeh engekeh...ngekehnya............!!!
Bahkan ad yg "Gokil abis" alias "Sinting" bilang: "Gue mau beli umpan Lo, kalo Lo berani jamin bakal juara...!!!" Atau sya disuruh coba mancing dg umpan sya d empang-nya, kalau bisa juara induk 1 dibayar 5jt, tapi kalo tdak juara induk 1 sya harus bayar 10jt. Yang bener aja....pemancing baru blum kenal medan & selera ikan, ditargetin juara 1 , taruhanya pun beda 100% itupun di adu sama semua pemancing. Orang-nya pasti juga baca koment ini krn dia jg trdaftar sbg anggota group PL.

Peringatan yang diberikan:
Comment Anda bernada merendahkan pemancing dan atau pemancingan di Bekasi, padahal tiket 15k juga berlaku dibeberapa empang diseputaran joglo dan ciledug. Sudah 2x ini saya pantau Anda membuat comment senada dan hal ini sama artinya Anda telah melanggar Peraturan dan Kode Etik Pasal 5 ayat 1b... Harap hapus comment Anda dan perbaiki sikap Anda yang terkesan jumawa...

Sama dengan yang terdahulu, peringatan  yang diberikan sama sekali tidak digubris, padahal ketika di cek, yang bersangkutan tetap melakukan aktivitas di wall postnya.
 
Si “B” beda lagi kasusnya. Diawal bergabung yang bersangkutan mungkin hanya sekedar ingin mencari informasi umpan. Setelah mengikuti kegiatan mancing bareng dan telah mendapatkan “massa” di group commentnyapun sering mengarah ke hal yang tidak sehat dan dapat memicu perpecahan. 

Thread teman:
Pulang kerja langsung bikin mpan se'le made in “CS”,,, Ga thn bauny,, , semriwing gmn gitu...wkwkwkwk Moga neter buat d pke bsk mlm maen pkt di empang Rw pekayon

Comment si “B”:
Tambah lg korbannya.....kl mmg ntu umpan bagus ora mngkn bro di umbar2 secara bebas.......haaaaaaaa

Peringatan yang diberikan:
Setuju dengan om “RK”.
Buat rekan-rekan semua harap perhatikan kode etik pasal 4 ayat 1 dan 2... bagi yang kesulitan buka dokumen bisa baca langsung disini, jangan sampe gara2 acara mancing bareng malah membuat situasi group jadi tidak kondusif....(note: peringatan ini diberikan mengingat diskusi sudah memanas dan bersifat umum serta bukan hanya tertuju pada yang bersangkutan).

Alih-alih diperhatikan malah tidak digubris apalagi untuk digunakan sebagai bahan koreksi diri. Lucunya yang bersangkutan malah menyerang yang mengingatkan secara membabi buta padahal peringatan dimaksud sudah jelas ditujukan pada seluruh member bukan untuk "menyerang" yang bersangkutan.

Bisa jadi kejumawaan dari si “B” ini karena merasa sudah dekat dengan para administrator sehingga dia sampai lupa bahwa yang diserangnya adalah yang berinisiatif membuat group yang tentu saja punya kewenangan untuk menghapus dan memblokirnya dari group.

KESIMPULAN

Orang-orang seperti “A” dan “B” pada dasarnya adalah orang yang tinggi hati dan walau bukan tidak mungkin tentunya akan sangat sulit untuk mau koreksi diri apalagi menerima kesalahan yang telah dilakukan dengan hati lapang. Mereka dengan segala cara lebih suka menyalahkan orang lain dan akan terus menikmati kejumawaannya dan bilamana dipandang perlu mereka akan membentuk Barisan Sakit Hati demi memuaskan dahaganya. Seandainya mereka memiliki perilaku yang terpuji  atau paling tidak mau koreksi diri jelasnya “A” dan “B” selamanya tidak akan pernah dikeluarkan dari group….!!!!

Tidak perlu diperdebatkan, karena orang-orang seperti “A” dan “B” akan terus bermunculan dikomunitas manapun dan akan terus berkibar sepanjang komunitas dimaksud tidak dilengkapi dengan peraturan yang jelas dan atau memiliki moderator yang tegas serta tidak memihak kepada siapapun.   
 
Semoga tulisan ini dapat memberikan inspirasi buat rekan-rekan semua, khususnya buat rekan Moderator atau Administrator di Social Media.


Salam strike…!!!

0 comments:

Posting Komentar