Welcome to My Blog 

Jumat, 05 Oktober 2012

Umpan Olahan atau berbahan Pelet untuk Galatama Lele

Resep umpan yang saya share disini sudah melalui proses ujicoba yang panjang untuk penyempurnaan dan sudah sering digunakan diberbagai macam empang baik oleh saya sendiri maupun oleh teman-teman saya dengan hasil yang memuaskan. 

Semoga resep umpan ini bisa bermanfaat buat rekan-rekan Galatama Lele Mania.

Umpan  #1

Nama Umpan....: UBAYA (Usus, Beer And Yakult)

Bahan-bahan.:
- Usus Ayam beli Rp. 2.000,-(segenggam)
- Beer Bintang 3 SDM
- Yakult 2 SDM
- Indomie blender untuk pengeras

Cara membuat :
- Kukus usus sampe matang kemudian di blender sampai halus.
- Campurkan semua bahan dan atur kekerasannya.
- Simpan diwadah tertutup rapat 3 s/d 7 hari sampai berbau masam seperti tape.

Saran:
-    Lebih efektif digunakan pada saat suhu air panas.


Umpan #2

Nama Umpan....: Merah Delima

Bahan-bahan.:
- Daging Sapi Giling 2 Ons
- Wijsman 1 SDM

Cara membuat :
- Campur semua bahan jadi 1.

Saran:
-    Lebih efektif main gantung ketika suhu air panas.
-  Usahakan untuk membeli daging yang sudah diskonan atau yang kualitasnya sudah kurang layak untuk dikonsumsi oleh manusia.


Umpan #3

Nama Umpan....: Mbah Grandong

Bahan-bahan.:
- 1 Genggam usus ayam yg sudah bersih/kukus
- 3 Kepala ayam beserta lehernya
- Indomie blender

Cara membuat :
- Kukus usus dan kepala sampai benar-benar matang kemudian di blender sampai halus tapi sedikit kasar.
- Atur kekerasan dengan indomie dan upayakan jangan sampai terlalu keras.


Umpan #4

Nama Umpan....: Pelet Sutera

Bahan-bahan.:
- 1 Genggam cacing sutera 
- 1 Telor bebek 
- 1/2 SDT Vanili 
- 1/2 SDT Bubuk Garlic
- 1 pelet udang merk 48 
- 1 Pelet Udang merk Jitu


Cara membuat :
- Campur Cacing sutera dengan Telor bebek, Vanili, dan Garlic 
- Campur pelet udang merk 48 kemudian aduk sampai setengah keras.
- Tambahkan dengan Pelet Udang Jitu

Note:
- Umpan jangan terlalu keras agar di air cacing bisa jatuh sedikit demi sedikit untuk memancing ikan datang.
- Sebaiknya diaduk dengan tangan secara perlahan agar wujud cacingnya tidak rusak.
 

Umpan #5

Nama Umpan....: Tempe Bongkrek

Bahan-bahan.:
- Kepala ayam 1/2 kg (6 biji lehernya dibuang) dibakar sampai gosong dan berbau sangit.
- Usus segenggam direbus sampai matang.
- Tempe bulat beli di Supermarket potong dengan ketebalan 2cm.
- Nasi 4 sendok makan munjung.

Cara membuat:

Semua bahan diblender sampai halus kemudian simpan dalam wadah tertutup rapat dan didiamkan 1 hari.

Umpan #6

Nama Umpan....: Mas For Lele

Bahan-bahan:
- Kinoy Susu/Djempol Biang Susu atau pelet putih lainnya.
- Susu Beruang 3 SDM(Sendok Makan).
- Telor ayam 2 butir.
- Deho 1/3 klg.

Cara Buat:
- Campur semua bahan jadi satu dan simpan dalam wadah tertutup rapat.

- Inapkan antara 3 s/d 7 hari sampai baunya masam kaya tape dan umpan semakin lembek.

Cara Pakai:
- Kail yg bagian lurusnya dibungkus dg kapas agak tebal kemudian diikat atau bisa juga kapas dicantolkan ke kail.
- Benamkan kail ke umpan dan diaduk atau bisa dg sendok untuk nutupin mata kail kemudian lempar deh.



Umpan #7

Nama Umpan....: Usus Sandworm

Bahan-bahan:
- Usus ayam segenggam
- Telor Ayam 1 butir
- Keju parut 1/8 kotak besar, atau yg cair 1 SDM
- 1 SDM BE Sandworm
- Indomie blender

Cara membuat:
- Usus dikukus hingga matang (atau beli yang sudah direbus juga ada tinggal dikukus bentar) kemudian di blender.
- Campur semua bahan jadi satu dan keraskan dengan indomie
- Simpan dalam wadah tertutup rapat antara 3 s/d 7 hari sampai berbau masam


Umpan #8

Nama Umpan....: Ayam Wijsman

Bahan-bahan.:
- Daging Ayam Giling 2 Ons
- Wijsman 1 SDM
- Indomie Blender

Cara membuat :
- Campur semua bahan jadi satu, daging dan wijsman.
- Jika terlalu lembek keraskan dengan sedikit Indomie.

Saran:
-    Lebih efektif main gantung ketika suhu air panas.

Umpan #9

Nama Umpan....: UBATA(Usus Banana Tape)

Bahan-bahan:
- Usus ayam segenggam
- Tape ukuran sedang sepanjang 5cm

- 1 SDM essence Banana
- Indomie blender

Cara membuat:
- Usus dikukus hingga matang (atau beli yang sudah direbus juga ada tinggal dikukus bentar) kemudian di blender.
- Campur semua bahan jadi satu dan keraskan dengan indomie
- Simpan dalam wadah tertutup rapat antara 1 s/d 3 hari sampai bau masam tape semakin kuat


*)seluruh resep umpan olahan yang saya tulis disini cenderung lebih bagus digunakan untuk ikan-ikan yang sudah jadi atau pada empang yang umurnya lebih dari 6 bulan dan tidak banyak penambahan ikan. 


Jika mau MERUBAH masa depan Anda sambil terus menyalurkan HOBBY MANCING silahkan KLIK DISINI atau pada gambar berikut...!!!



Salam Strike...!!!

Reactions:

23 comments:

Anonim mengatakan...

Mantafff....
sering2 update ye pak...
hidup biji...:D

Admin mengatakan...

Siap mas bro,
Tapi siapa ini...? Kang Nda atau yang lain hehehe

Anonim mengatakan...

indominya direbus dlu baru di blender or gimna mas ???

Admin mengatakan...

Indomie mentah aja, atau pake merk lain juga tidak masalah. Pengeras menggunakan mie bertujuan agar aroma asli dari umpan tidak berubah, bisa juga menggunakan pengeras yang dijual di Toko Pancing, tapi saya lebih suka menggunakan mie yang gratisan secara tinggal nyomot dari toko saya.

erik kusnandar mengatakan...

maaf mas mau tanya, saya pendatang baru di mancing lele, klo umpan olahan d atas apakah memakai essen lg atau nggak ? soalnya klo liat orang lain yg pakai umpan olahan memakai tambahan essen lg. terima kasih

Admin mengatakan...

Yang ini kan pake essen mas bro --> Umpan #7 Usus Sandworm Umpan #9 UBATA(Usus Banana Tape)

erik kusnandar mengatakan...

Berarti umpan yg no 1.2.3.4.5.6.8 gak pake essen donk ????

Admin mengatakan...

Betul bro

Toko Online Kalistajaya mengatakan...

thanks gan..

Fortuner SUV Terbaik mengatakan...

masih ngracik umpan aja udah seru ms bro, gimana kalo udah betot si babon 4 kiloan ya ! :D mantaff

Admin mengatakan...

Seninya mancing lele mas bro, kadang dilapak "A" umpan neter, pindah ke lapak "B" hanya beda jam saja umpan langsung melempem...!!!

Anonim mengatakan...

kalo daging ayam yg
di giling aroma nya seperti aroma baso bahan-bahan nya apa aja ya mas




Sonny Boedihardjo mengatakan...

Tepatnya saya tidak tau, tapi coba dikasih royco. Daging giling+royco sapi juga bagus untuk umpan lele.

isom ulloh mengatakan...

abang-abang master, mau nanya kalo pake pelet koki+essent tuna+cuka apakah harus di simpan dulu atau bisa langsung main, saya baru 2 x coba, umpannya tidak masuk, apa ada yg salah dari umpan tersebut, mohon pencerahan terima kasih.

Aditia Maulana mengatakan...

ada yang lain gk???soalnya saya sudah coba semuanya,tapi gk pernah juara total
paling juara induk doan,,

Admin mengatakan...

@Aditia
Umpan olahan memang agak sulit untuk notal terkecuali jenis umpan yang kita gunakan sudah banyak yang menggunakan atau dengan cara menggunakan umpan tersebut secara terus-menerus(membina umpan). Coba baca dimari http://sonnyboedihardjo.blogspot.com/2012/10/lebih-baik-menjadi-pemancing-yang-bodoh.html

David Nuryanto mengatakan...

wijsman itu apa ya

Admin mengatakan...

Wijsman itu merk mentega kang

Hadi Ahmad mengatakan...

umpan brownies itu emang benar2 kue brownies atau umpan olahan menyerupai brownies? gimana mengolahnya?
thank's

Admin mengatakan...

Untuk umpan brownies memang bahan dasarnya dari kue brownies. Variannya juga banyak dan salah satu yg terbaik adalah yg satu ini:

Van Hel Sing
kemarin siang prestasi,, induk , empang wahyudin winong cileduk,,, pake umpan bronis ,, bronis Rp 20000, telor bebek 1,, madurasa strwbery 1,, wisman sdm, eo 1, 5 tetes,eo 3, 7 tetes ,, pokoke makyus,, ampe pegel tangan straik terus ,, essen probait memang tangguh..

Sumber resep:
https://www.facebook.com/groups/PROBAIT/permalink/139050206281588/

ACURAT SETAND.PAMERAN mengatakan...

keren gan semalem gw make umpan racikan plet sutra...keren habisss total N babon di gendong kita semua thank you boss saran nya

jeby agustine mengatakan...

Para master mohon pencerahan racikan untuk cacing yang mantabs, thx before

sanah sanen mengatakan...

Agan agan yang master..apa semua umpan bisa di setiap kolam.ada yang ijo lumut.ada yang warna coklat.kalo umpan di atas termask yang mana gan.thanks

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hosted Desktop