Selasa, 15 Januari 2013

Mancing Galatama dalam sebuah “SWOT Analysis”

Bagi Anda yang pernah belajar manajemen perusahaan tentunya sudah tidak asing lagi dengan hal yang satu ini. Analisa SWOT adalah salah satu metoda untuk mengidentifikasi berbagai faktor secara sistematis dalam rangka merumuskan strategi perusahaan kedepannya. Analisa ini didasarkan pada hubungan atau interaksi antara unsur-unsur internal, yaitu kekuatan(Strenghts) dan kelemahan(Weaknesses), terhadap unsur-unsur eksternal yaitu peluang(Opportunities) dan ancaman(Threats).

Kegunaan analisa SWOT sebenarnya tidak terbatas pada sebuah organisasi atau perusahaan yang mencari laba saja, melainkan dapat juga digunakan dalam setiap situasi pengambilan keputusan untuk berbagai macam kegiatan non-profit, unit pemerintah, dan individu. Menurut hemat saya analisa SWOT juga dapat digunakan dalam perencanaan pra-krisis dan manajemen pencegahan krisis keuangan pemancing.

Lalu bagaimanakah analisa SWOT ini bisa bekerja dan diterapkan dalam hal mancing…??? Mari kita coba untuk membedahnya satu persatu”

A. FAKTOR INTERNAL

STRENGHTS:
Kenalilah kekuatan atau kelebihan diri Anda yang terkait dengan tehnik mancing dan kesiapan arsenal. Bilamana dirasa masih kurang segera tutupi dan perbaiki kekurangan yang masih ada.

WEAKNESSES:
Kenalilah karakter dari bebagai macam umpan, umpan prestasi atau umpan induk, umpan untuk ikan lama atau ikan baru dan pelajari pula bagaimana cara memainkannya dengan benar. Bilamana Anda sudah memahami kelemahan umpan yang dibawa maka tentunya Anda tidak perlu berburu prestasi melainkan fokus berburu induk.

B. FAKTOR EKSTERNAL

OPPORTUNITIES:
Pelajari spot makan ikan rame dan tempat ngeposnya ikan induk, bilamana perlu catat dalam buku log mancing Anda. Dengan penguasaan spot ikan yang baik maka peluang Anda untuk menang menjadi semakin besar.

THREATS:
Anda harus tahu siapa saja yang sering menjadi juara dan pelajari dengan baik mengenai umpan yang sering dibawa dan tehnik mancingnya. Dengan memahami karakter para pesaing dengan baik maka tentunya akan lebih mudah bagi Anda untuk menutupi seluruh kekurangan yang dimiliki dan hal ini berarti bahwa Anda memiliki peluang yang sama untuk menang .

Agar segala sesuatunya berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan, maka Anda harus jujur dan obyektif dalam melakukan penilaian, harusnya gampang banget untuk jujur, toh gak ada yang tau kecuali diri sendiri.    

Selamat mencoba, semoga dengan persiapan yang lebih matang bisa menghasilkan amplop yang lebih banyak lagi.


Salam Strike….!!!!               

0 comments:

Posting Komentar