Selasa, 29 Januari 2013

Apakah fishing bukan kegiatan memancing...?

Tak jarang kita temui perbedaan pendapat  mengenai pemahaman kata "FISHING" dikalangan pemancing, seperti halnya baru-baru ini saya temui dalam sebuah komunitas mancing di alam liar terdapat pembahasan yang cukup menarik mengenai kata ini dan pada akhirnya oleh para petingginya diputuskan bahwa makna "Fishing" dalam komunitas tersebut hanya diperuntukkan bagi kegiatan menangkap ikan dengan menggunakan pancingan/kail.

Lalu benarkah "Fishing" tersebut merupakan kegiatan menangkap ikan yang "bukan" menggunakan mata kail.? Untuk menyatakan benar atau tidaknya pernyataan tersebut mari kita bersama-sama mempelajari kajian kata berikut.

A. Pemahaman kata berdasarkan Webster

Rod: a pole with a line and usually a reel attached for fishing 
Angling: the action of one who angles; especially : the action or sport of fishing with hook and line
Angler: one that angles
Fisher: one that fishes
Fishing: the sport or business of catching fish

B. Pemahaman kata berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia


Pancing: alat untuk menangkap ikan, terbuat dari sepotong kawat yg ujungnya melengkung dan berkait, diberi tali dan gagang dr kayu, bambu, dsb.

Pemancing: orang yg memancing; pengail.
Memancing:
menangkap ikan dengan pancing; mengail.
Nelayan: orang yg mata pencaharian utamanya adalah menangkap ikan (di laut).
 

Berdasarkan pemahaman diatas berikut adalah padanan katanya:

Pancing        = Rod
Memancing   = Angling
Pemancing   = Angler
Nelayan        = Fisher(man)
Sedangkan "Fishing" belum ditemukan padanan kata dalam Bahasa Indonesia yang artinya benar-benar mendekati.

Bilamana kata-kata tersebut diatas kita teliti lebih jauh lagi maka terdapat perbedaan tujuan penggunaan kata sebagai berikut:

  • Angling adalah kegiatan menangkap ikan berdasarkan hobby atau olah raga semata sedangkan Fishing sendiri memiliki makna yang lebih luas dikarenakan kata ini bisa digunakan untuk olah raga maupun untuk usaha(nelayan).
  • Angling adalah kegiatan menangkap ikan dengan menggunakan pancingan/kail sedangkan Fishing bisa menggunakan kail, jala dan atau alat lainnya yang difungsikan untuk menangkap ikan.
Semoga saja ulasan singkat ini dapat bermanfaat khususnya bagi komunitas mancing di Indonesia yang masih menggunakan penamaan dalam bahasa Inggris sehingga kedepannya tidak ada lagi kerancuan antara nama group dan kegiatannya.     



Salam Strike....!!!!

0 comments:

Posting Komentar