Sabtu, 23 Januari 2010

Adalah kebohongan besar jika mengatakan MLM bisnis yang mudah!!!

“Sepertinya kita ini orang-orang big dreamer yah...”
Dalam suatu kesempatan saya dan Henny Brunner seorang teman masa kecil yang saat ini menetap di Libya terlibat dalam sebuah perbincangan ringan yang berujung pada kalimat diatas. Bagi saya statement yang disampaikan oleh Henny ini memiliki arti yang sangat dalam sekali dan sekaligus juga mengingatkan saya pada tulisan terdahulu mengenai LANGKAH SUKSES yang menjadi bacaan wajib bagi seluruh distributor MLM yang ingin meraih sukses.

Dalam LANGKAH SUKSES impian merupakan hal yang sangat penting, sehingga karena begitu pentingnya maka oleh sebagian besar support system (grup distributor yang fungsi utamanya memberikan bimbingan kepada jaringannya) mewajibkan membernya untuk membuat sebuah DREAM BOOK yang isinya berupa semua hal yang diinginkan oleh masing-masing distributor dimasa-masa yang akan datang. Lebih jauh lagi DREAM BOOK bukan hanya sekedar gambaran dari beberapa keinginan semata melainkan perlu dirumuskan dan direncanakan serinci mungkin. Rincian inilah yang nantinya akan digunakan sebagai alat ukur atas pencapain usaha dari masing-masing distributor. Tanpa DREAM BOOK seorang distributor akan berjalan tanpa arah yang jelas, oleh sebab itu apapun yang diinginkan atau diimpikan oleh seorang distributor wajib dituangkan dalam bentuk tulisan yang rinci.

Memahami makna DREAM BOOK yang sesungguhnya tidaklah sesederhana yang ditulis, dibutuhkan kerendahan hati untuk menerima pembelajaran dari para upline yang bisa jadi status sosial dan latar belakang pendidikannya lebih rendah dibandingkan si downline. Begitu banyak distributor yang belum memahami bahwa salah satu kekuatan terbesar dalam bisnis MLM adalah IMPIAN. Mereka tidak sadar bahwa bisnis ini adalah bisnis yang modal usahanya relatif kecil, sehingga tanpa ditunjang dengan impian yang kuat dari grup bisnis maka bisnis ini sangat rapuh dan mudah hancur.

DREAM BOOK sebenarnya wujud lain dari MY WISH LISTnya John Goddard seorang yang dikenal sebagai The World’s Greatest Goal Achiever. Diatas meja dapurnya, John yang pada tahun 1940 masih berumur 15 tahun mengambil secarik kertas dan pada sisI atas ditulis 3 buah kata kramatnya MY WISH LIST. Tidak berhenti sampai disitu, dibawahnya John juga menuliskan 127 impian yang ingin diraihnya, diantaranya adalah menjelajahi delapan sungai besar di dunia, mendaki 16 gunung tertinggi, mengunjungi 2 kutub, utara dan selatan, belajar menerbangkan pesawat dan juga mengelilingi bumi, serta sasaran-sasaran menantang lainnya(baca selengkapnya). Sungguh sesuatu yang sangat luar biasa sekali mengingat dalam usia tersebut kebanyakan orang masih belajar, bermain bahkan sibuk dengan kegiatan lainnya yang tidak memiliki tujuan yang jelas.

Tulisan John Goddard ini kemudian menjadi cetak biru kehidupannya. Pada tahun 1972, ketika berumur 47 tahun, John telah meraih lebih dari 103 impiannya. Kisah sukses John Goddard ini kemudian menjadi salah satu buku yang paling banyak dicetak ulang sepanjang sejarah!!!!. MY WISH LISTnya digunakan sebagai acuan untuk penetapan sebuah tujuan!!!

Memang tidak mudah menjadi seorang John Goddard, tapi bilamana Anda ingin sukses meraih impian-impian Anda maka hal pertama yang Anda harus lakukan adalah MEMBANGUN KERAJAAN IMPIAN Anda seperti yang sudah dicontohkan oleh John kecil. Dalam bisnis MLM DREAM BOOK merupakan langkah awal untuk meraih sukses dan tentunya diperlukan tindakan lebih lanjut untuk mewujudkannya, JIKA membuat DREAM BOOK untuk diri sendiri saja tidak becus lalu apa dasarnya mengatakan kepada calon downline bahwa MLM ADALAH CARA MUDAH UNTUK KAYA????

1 komentar:

  1. Informasi yang menarik. Btw numpang info ni gan, usaha sampingan secara online yang sedang berkembang pesat, bisnis produk pasutri rekomendasi Boyke Dian Nugraha. silahkan kunjungi (abeprofit.com). Terima Kasih

    BalasHapus